Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday 18 August 2015

Apa ikan pengeram mulut itu?

loading...

APA PENGERTIAN IKAN PENGERAM MULUT ITU?
Ahli Artikel kembali lagi membawa artikel yang akan mengisi dan menambah wawasan para pembaca tentang Apa Pengertian Ikan Pengeram Mulut Itu. Nah, untuk itu, langsung saja kalian simak artikel yang berjudul Apa Pengertian Ikan Pengeram Mulut Itu di bawah ini.

Apa Pengertian Ikan Pengeram Mulut Itu 
Apa ikan pengeram mulut itu| Di antara semua strategi yang telah berkembang di kalangan ikan untuk melindungi anaknya dari pemangsa, yang paling aneh barangkali adalah mengerami telur di dalam mulut. Strategi ini terdapat pada jenis ikan air tawar maupun ikan air laut, dan telur-telur itu di bawa baik oleh pejantan maupun betinanya.

Meskipun induk atau ayah ikan tidak dapat makan selama telur tumbuh, embrio ikan itu memakan protein yang terkandung dalam kantong kuning telurnya. Setelah satu atau dua minggu, dan sudah cukup besar, anakan itu keluar dari mulut induknya untuk hidup di sungai, danau, atau laut yang penuh bahaya.

Sikslus berpijah ikan pengeram mulut.
Sikslus berpijah ikan pengeram mulut- Dalam berpijah, ikan mujair jantan yang badannya besar menabrak-nabrak ekor ikan mujair betina pasangannya yang tubuhnya lebih kecil, untuk membujuknya agar bertelur dalam jumlah 20 hingga 30 butir telur dan warnanya kuning-jingga.

Setelah bertelur, ikan mujair betina segera berbalk arah dan dengan hati-hati mencaplok telur itu dengan mulutnya.

Sewaktu si betina mengumpulkan beberapa telurnya yang terakhir, si jantan berenang di depannya, sambil mengibas-ngibaskan ekor. Bintik-bintik pada sirip dubur pejantan menyerupai telur.

Karena mengira bintik sirip dubur itu adalah telur yang perlu dikumpulkan, si betina terus-menerus menyodok sirip itu. Pada arah yang tepat, si jantan memancarkan sperma untuk membuahi telur dalam mulut si betina.

Setelah mengerami telur selama 7 hingga 14 hari, si induk melepaskan anakannya ke dalam air. Sebelum ikan muda itu tumbuh lebih besar, induknya berenang di dekatnya, dan membiarkan anakan itu kembali ke mulutnya kapan saja terancam bahaya.

Begitulah pembahasan artikel mengenai Apa ikan pengeram mulut itu. Semoga bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE


ikan pengeram mulut
Gambar tentang Apa ikan pengeram mulut itu

loading...
Apa ikan pengeram mulut itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown