Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday 18 August 2015

Bagaimana ikan mengasuh anaknya?

loading...


Bagaimana ikan mengasuh anaknya| Kebanyakan ikan sekedar mengeluarkan telur dan meninggalkan telur itu begitu saja. Namun, jenis tertentu berperan aktif dalam merawat telur dan anakannya. Setiap jenis ikan atau mahluk laut mempunyai cara tersendiri untuk melindungi anaknya. Beberapa jenis ikan membawa telurnya dalam mulut, sementara jenis lain melindungi telurnya dalam sarang sebagimana burung. Jenis tertentu mengawasi anaknya sewaktu berenang dalam kelompok, dan menjaganya dari ikan dari ikan yang lebih besar atau ancaman lain. Biasanya, hanya pejantan atau betina saja yang mengawasi anak; tetapi sesekali kedua ayah dan induknya dan bahkan anak yang lain dapat ikut memikul tugas itu.

Beberapa jenis ikan dan mahluk laut yang mengasuh anaknya
Beberapa jenis ikan dan mahluk laut yang mengasuh anaknya- Ikan beloso jantan melindungi telur yang telah dikeluarkan oleh betinanya dengan melingkarkan tubuhnya di seputar telur itu.

Ikan tembakul pengapung betina menempelkan telurnya ke bagian atas ceruk batuan, kemudian si jantan menjaga di bawah telur tersebut sampai telur menetas.

Tangkur naga atau kuda laut jantan menyimpan telur yang telah dibuahi dalam kantong abdomennya sampai menetas.

Ikan gurami jantan membuat sarang busa di permukaan air, kemudian kawin dengan ikan betina dan dengan mulutnya meletakkan telur yang sudah dibuahi itu ke dalam sarang.

Ikan punggung duri jantan membangun sarang dari tumbuhan , yang mirip sarang burung, dan menjaga telur yang dihasilkan ikan betina.

Ikan mujair betina mengulum telur segera setelah dikeluarkannya. Ikan ini tidak makan apa pun sampai telur itu menetas.

Ikan siklida bekerja sama antara jantan dan betina untuk mengawasi anak serta telur serta anaknya yang baru menetas. Lama-kelamaan, ikan siklida muda yang telah menetas lebih dahulu tetapi masih bergerombol dengan induknya mulai ikut memikul sebagian tugas mengasuh itu.

Demikianlah artikel mengenai Bagaimana ikan mengasuh anaknya ini, silahkan dibaca. Mudah-mudahan bisa menambah ilmu. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

ikan dan strategi mengasuh anak
Gambar tentang Bagaimana ikan mengasuh anaknya

loading...
Bagaimana ikan mengasuh anaknya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown