Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday 21 August 2015

Apa Pengertian ikan sumpit itu?

loading...

Apa Pengertian ikan sumpit itu?
Hai sahabat pembaca. Semoga kalian tidak pernah bosan bertemu dengan Ahli Artikel yang senantiasa memberikan artikel sebagai bahan bacaan untuk menambah wawasan kalian. Artikel yang akan dibagikan kali ini berjudul Apa Pengertian ikan sumpit itu, dan untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan langsung saja kalian baca artikel yang berjudul Apa Pengertian ikan sumpit itu di bawah ini.

Apa Pengertian ikan sumpit itu
Apa Pengertian ikan sumpit itu| Kebanyakan ikan pemangsa menyerang mahluk yang hidup dalam air. Tetapi, ikan sumpit dan kerabatnya, yang hidup di perairan pantai serta air tawar dari India hingga Australia, telah memperluas perburuannya ke udara di atas air tempat tinggalnya. Ikan ini dapat menyemprotkan air ke udara, untuk menjatuhkan serangga dari tumbuhan atau dari udara. Karena kaget oleh tembakan itu, serangga jatuh ke permukaan air, dan langsung menjadi santapan ikan sumpit itu.

Kalau tingginya kurang dari satu meter di atas air, dengan satu tembakan saja mangsa itu biasanya sudah jatuh. Tetapi, kalau serangga itu 1 hingga 3 meter di atas air, ikan sumpit barangkali perlu menembaknya beberapa kali. Bila mangsanya berterbangan tepat di atas permukaan, ikan sumpit itu dapat melompat dari air dan menyergapnya dengan rahangnya.

Pembetulan serangan ikan atas pembiasan cahaya
Pembetulan serangan ikan atas pembiasan cahaya| Bila merambat dari udara ke dalam air, cahaya membelok atau terbias sehingga posisi serangga yang sebenarnya berbeda dengan citra yang dilihat oleh ikan. Ikan mengubah bidikannya untuk memperhitungkan pembiasan ini.

Cara ikan sumpit menangkap mangsa
Cara ikan sumpit menangkap mangsa| Ikan sumpit adalah pemburu yang penuh akal. Selain keterampilan menembaknya yang jitu, ikan itu adalah pelompat yang tangguh. Ikan itu dapat melompat dari air untuk menyergap serangga yang hinggap dengan tenang di atas daun atau dahan yang menggantung di atas air. Ikan sumpit juga akan menyergap serangga atau mahluk kecil yang mendarat di atas permukaan air. Kalau tidak menemukan sasaran tunggal, ikan sumpit akan naik ke permukaan dan menyemburkan air ke kerumunan serangga yang berterbangan, dan berharap paling tidak semburan itu dapat menjatuhkan seekor serangga ke permukaan air.

Selamat membaca pembahasan artikel mengenai Apa Pengertian ikan sumpit itu, semoga bermanfaat. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER ARTIKEL APA PENGERTIAN IKAN SUMPIT ITU: 
- BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE



Ikan sumpit
Gambar tentang Apa ikan sumpit itu


loading...
Apa Pengertian ikan sumpit itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown