Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday 21 August 2015

Bagaimana ikan menangkap plankton?

loading...

BAGAIMANA IKAN MENANGKAP PLANKTON?
Artikel yang akan dibagikan kali ini berjudul Bagaimana Ikan Menangkap Plankton. Yuks di baca dan di pahami artikel yang berjudul Bagaimana Ikan Menangkap Plankton di bawah ini.

Bagaimana Ikan Menangkap Plankton
Bagaimana ikan menangkap plankton| Banyak ikan, dari ikan sardin yang kecil hingga ikan cucut geger lintang yang besar, telah mengembangkan kemampuan untuk memakan plankton, Yaitu organisme yang amat kecil yang berenang dan hanyut di samudra. Ikan ini memperoleh pasokan makanan secara teratur hanya dengan membuka mulut sewaktu berenang di perairan yang penuh plankton. Organisme itu ditapis dari air oleh tapis insang yang keras sewaktu air melewati insang ikan.

Tapis insang ikan menurut ukuran
Tapis insang ikan menurut ukuran| Banyak ikan mempunyai tapis insang untuk menahan makanan dalam mulut dan membiarkan air mengalir ke luar. Tapis insang ikan yang terbuat dari tulang rawan atau tulang keras tumbuh dari busur insang ikan itu. Bentuknya menyerupai gigi sisir lengkung.

Ukuran tapis insang ikan ini bergantung pada makanan yang disantap ikan tersebut. Pemakan plankton memiliki tapis insang ikan panjang yang terpasang rapat untuk menapis mikroorganisme dari air. Plankton tersaring oleh tapis dan terguyur oleh air masuk ke kerongkongan. Sebalikya, pemakan ikan tidak perlu menjebak plankton; tapis insang ikannya kecil dan jarang.

Ikan raksasa-raksasa ramah
Ikan raksasa-raksasa ramah| Beberapa binatang laut terbesar hanya makan plankton dan krustasea kecil yang disebut kril. Salah satu pemangsa seperti itu adalah ikan paus biru, mahluk terbesar di bumi yang makan dengan saringan. Ikan paus biru menjaring 7,25 ton kril per hari dengan lempengan berjumbai seperti sisir yang disebut balin. Ikan hiu raksasa, seperti ikan cucut geger lintang yang panjangnya 18 meter dan cucut caring yang menempel panjangnya 11 meter, menapis plankton dengan tapis insangnya. Banyak ikan lain yang tampaknya menakutkan, hidup dengan hanya memakan plankton saja.

Sampai disini pembahasan artikel tentang Bagaimana ikan menangkap plankton ini, semoga bermanfaat.
SELAMAT BELAJAR. . . . . . .
SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE


Ikan menagkap plankton
Gambar tentang Bagaimana ikan menangkap plankton

loading...
Bagaimana ikan menangkap plankton? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown