Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 17 August 2015

Mengapa telur ikan sangat banyak?

loading...


Mengapa telur ikan sangat banyak| Kebanyakan ikan laut bertelur dalam jumlah amat besar, tetapi jumlah telur ikan matahari raksasa tidak ada tandingannya. Ikan betina jenis ini dapat melepaskan 30 juta telur sekaligus.  Kalau setiap telur itu tumbuh sampai dewasa, samudra segera akan dipenuhi ikan matahari dari tepi ke tepi. Tetapi, setelah dikeluarkan, telur itu dibiarkan tanpa perlindungan, sebagian besar mati sebagai korban penyakit, kelaparan, atau diserang oleh pemangsa. Oleh karena itu, untuk menjamin bahwa sebagian ikan akan hidup dan melahirkan keturunan lagi, harus ada telur dalam jumlah yang sangat besar. Sebaliknya, ikan yang memelihara telurnya, dapat bertelur dalam jumlah lebih kecil karena yang akan bertahan hidup sampai dewasa lebih besar persentasinya.

Aneka ragam Perpijahan ikan
Aneka ragam Perpijahan ikan- Ikan lepu yang hidup di laut melahirkan lebih kurang 10.000 anakan muda, masing-masing 3 milimeter penjangnya. Anakan itu hanyut di permukaan (sambil memakan plankton), sampai panjangnya hampir 2 sentimeter. Kemudian anakan itu menetap di dasar samudra untuk hidup sebagai ikan dewasa.

Ikan nyamuk melahirkan hingga 100 anakan setiap kali berbiak. Ikan muda itu kurang dari 8,5 milimeter panjangnya.

Ikan belut Jepang menghasilkan sejuta telur lebih, masing-masing sebesar pentul jarum, dan menetas di samudra. Anakan itu pergi ke sungai dan berenang ke hulu.

Ikan tuna abu-abu betina, yang panjangnya sampai 2 meter, membawa hingga 5 juta telur kecil-kecil. Anakan yang baru menetas kurang dari 3 milimeter panjangnya.

Ikan lemuru Jepang mengeluarkan puluhan ribu telur; hanya satu dari 1.000 yang masih hidup setelah dua bulan.

Ikan tembakul air tawar yang suka mengambang itu meletakkan sekitar 1.000 telur kuning di bawah cangkang atau batuan. Telur di jaga pejantan dan menetas 10 hari kemudian.

Ikan hiu kelinci yang bertulang rawan ini bertelur dalam wadah berbentuk gelendong sepanjang kira-kira 2 sentimeter. Setiap wadah berisi dua butir telur.

Demikianlah artikel mengenai mengapa telur ikan sangat banyak ini, semoga bisa menambah pengetahuan para pembaca. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Telur ikan
Gambar tentang Mengapa telur ikan sangat banyak

loading...
Mengapa telur ikan sangat banyak? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown