Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday 16 August 2015

Apa yang dapat dilihat gurita?

loading...


Apa yang dapat dilihat gurita| Kebanyakan invertebrata laut, yaitu kebanyakan binatang laut yang tidak mempunyai tulang belakang, tidak dapat melihat dengan baik. Namun, gurita dapat melihat sekelilingnya dengan sangat jelas. Gurita tidak perlu mengandalkan indra pembau, pengecap, atau perabanya untuk menemukan kepiting dan makanan lain.

Dari setiap bola matanya terjulur jalinan saraf rapat yang menuju ke salah satu lobus optik di bawah mantel luar gurita yang keras itu. Lobus dihubungkan ke otak-suatu kumpulan saraf sangat rapat yang membentuk pusat kendali sangat maju bagi invertebrata laut.

Melihat dalam cahaya terang dan remang-remang.
Melihat dalam cahaya terang dan remang-remang| Pupil gurita terbentuk empat persegi panjang mendatar. Dalam cahaya terang, pupil itu menutup menjadi suatu celah. Dalam cahaya remang-remang, pupil mengembang, sehingga gurita dapat mengamati daerah sekelilingnya.

Menemukan makananMenemukan makanan| Untuk mencari makan, gurita menggunakan penglihatan matanya, bukan indra pembau atau perabanya. Hal ini diketahui oleh para peneliti dengan menempatkan seekor kepiting yang merupakan makanan kegemaran gurita dalam sebuah botol kaca yang ditutup gabus. Meskipun dapat melihat kepiting itu, gurita tidak dapat mencium atau menyentuhnya. Gurita itu memandang kepiting, lalu mencengkram botol dengan sebagian dari kedelapan tangannya, dan mengangkat tutupnya serta mendapatkan kepiting. Gurita juga mampu memutar tutup botol dari logam untuk mendapatkan kepiting di dalamnya. Beberapa jenis gurita menyengat kepiting serta mangsa lainnya dengan menyuntikkan bisa dari mulutnya.

Mata tajam, tangan banyak
Mata tajam, tangan banyak| Gurita dapat membedakan ukuran dan bentuk musuh serta mangsanya, asalkan tidak terlampau kecil atau terlampau dekat. Untuk menentukan seberapa terampil gurita dapat mengenali pola, ilmuwan memperlihatkan dua pola berbeda kepada seekor gurita. Bila mendekati pola pertama, binatang itu memperoleh makanan; kalau mendekati pola kedua, gurita itu diberi sedikit sengatan listrik. Gurita itu segera dapat membedakan kedua pola. Kemudian, gurita itu berhasil membedakan benda-benda uji dengan aneka bentuk, ukuran, posisi, dan tingkat cahaya.

Demikianlah artikel tentang Apa yang dapat dilihat gurita ini semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Penglihatan gurita
Gambar tentang Apa yang dapat dilihat gurita

loading...
Apa yang dapat dilihat gurita? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown