Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 6 August 2015

Dapatkah ikan mati kedinginan?

loading...

DAPATKAH IKAN MATI KEDINGINAN?
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ikan hidup di air. Nah, berbicara masalah air, tentunya kita sudah tahu juga bahwa pada umumnya, air itu memiliki suhu yang rendah (dingin). Mengetahui fakta itu, biasanya timbullah pertanyaan mengenai ikan yang setiap saat berada di dalam air. Apakah ikan bisa mati kedinginan? Untuk menjawab pertanyaan itu, Ahli Artikel sudah menyiapkan artikel yang berjudul Dapatkah Ikan Mati Kedinginan yang bisa kalian baca dengan seksama penjelasannya di bawah ini.

Dapatkah Ikan Mati Kedinginan
Dapatkah Ikan Mati Kedinginan| Karena suhu tubuh ikan biasanya sama dengan suhu lingkungannya, ikan dapat mati kedinginan di perairan sangat dingin. Cairan tubuh ikan biasa akan membeku apabila air di sekitarnya turun di bawah -0,5 derajat Celsius. Es di luar kemudian akan memasuki insang dan kulit sehingga mempercepat proses pembekuan yang mematikan itu.

Namun, salah satu jenis ikan telah beradaptasi untuk hidup di Samudra Antartik yang sangat dingin, yang suhunya berkisar antara -2,2 derajat dan -1,4 derajat Celsius. Darah ikan nototen mengandung bahan antibeku alam (disebut glikoprotein) yang menyebabkan cairan tubuh ikan itu tetap cair sampai suhu tubuhnya turun di bawah -2,2 derajat Celsius. Glikoprotein menurunkan titik beku cairan tubuh dengan menghambat terbentuknya kristal es.

Jauh di bawah langit-langit tumpukan es, ada beberapa ikan yang dapat bertahan salah satunya adalah ikan nototen tutul yang menghuni dasar laut dan dapat hidup subur di perairan bersuhu dibawah titik beku di Samudra Antartik.

Kebanyakan nototen adalah penghuni dasar laut, tetapi sedikitnya dua jenis, antara lain ikan gigi Antartik, telah meninggalkan dasar samudra untuk berenang dan berburu di perairan dalam.

Laut dingin di wilayah utara Kanada adalah tempat tinggal jenis ikan kod, kepala banteng, dan ikan sebelah yang mampu menahan suhu di bawah titik beku. Seperti nototen, jenis ini menghasilkan glikoprotein yang menurunkan titik beku cairan tubuhnya.

Semoga artikel tentang dapatkah ikan mati kedinginan ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .  

ikan mati kedinginan
Gambar tentang ikan mati kedinginan

loading...
Dapatkah ikan mati kedinginan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown