Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 24 August 2015

Bagaimana cumi – cumi berganti pola?

loading...

Bagaimana cumi – cumi berganti pola| Bagaikan bunglon di darat. Di dalam laut cumi – cumi dapat mengubah warna tubuhnya dalam sekejap. Ini dilakukan bukan hanya untuk perlindungan, tetapi juga dikenal sebagai tanda isyarat komunikasi dan kawin.

Sel – sel kecil yang disebut kromatofor merupakan kunci yang menyebabkan cumi –cumi secara lihai dapat berubah dengan cepat. Sel – sel yang berwarna merah, hitam, kuning,dan biru ini tersusun dalam lapisan otot tipis di bawah kulitnya. Bila cumi – cumi mengerutkan otot – otot itu, kromatoforanya mengembang, dan menjadikan cumi –cumi lebih hitam atau lebih berwarna –warni. Bila cumi – cumi mengendurkan otot ini, kromatoforanya menyusut sehingga cumi – cumi itu lebih pucat atau kurang berwarna –warni. Dengan menggiatkan kombinasi sel – sel yang berbeda ini, cumi – cumi dapat menghasilkan berbagai pola tubuh yang membantunya bertahan hidup.

Mengubah warna
Mengubah warna
| Cumi –cumi berubah pola tubuhnya karena banyak alasan. Pertama – tama untuk meloloskan diri dari pemangsa. Tetapi, perubahan warna dapat juga menunjukkan kegairahan  atau keinginan untuk  berkomunikasi dengan cumi – cumi lain.

Perubahan warna itu tidak terbatas
pada satu warna saja yang tersebar di seluruh tubuh. Cumi – cumi dapat secara tiba –tiba memperlihatkan jalur –jalur gelap pada mantel serta tentakelnya atau pada mantelnya saja.

Beberapa jenis cumi – cumi berubah warna untuk menarik pasangan kawin. Pejantan jenis tertentu mengubah seluruh tubuhnya menjadi hitam selain testisnya yang tetap berwarna cerah.

Penyamaran di dalam laut
Penyamaran di dalam laut
| Seperti cumi – cumi, gurita mampu mengubah warna  tubuhnya dengan mengendurkan atau mengerutkan kromatofornya. Tetapi, bukan itu saja penyamarannya. Gurita penghuni dasar laut dapat mengubah tekstur serta warna kulitnya, binatang ini juga mampu mengubah tekstur tubuhnya. Gurita penghuni dasar laut terus – menerus mengawasi lingkungannya. Bila terancam, dengan cepat tubuhnya gurita mengubah bentuk tekstur tubuhnya menjadi mirip batu karang dasar samudra.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Bagaimana cumi – cumi berganti pola. Semoga bermanfaat. .
SELAMAT BELAJAR. . . . .
SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

cumi-cumi berganti pola
Gambar tentang Bagaimana cumi – cumi berganti pola

loading...
Bagaimana cumi – cumi berganti pola? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown