Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 24 August 2015

Mengapa cumi – cumi menyemburkan tinta?

loading...

MENGAPA CUMI – CUMI MENYEMBURKAN TINTA?
Siapa diantara kalian yang suka makan cumi-cumi? Bila makan cumi-cumi, seringkali cumi-cumi yang disajikan memiliki kuah yang berwarna hitam pekat seperti tinta. Nah, jangan salah sobat, tinta cumi-cumi bukan hanya terdapat pada cumi-cumi yang sudah diolah menjadi makanan. Tetapi, cumi-cumi yang masih hidup juga menyemburkan tinta. Mengapa? Yuk, cari tahu jawabannya pada artikel yang berjudul Mengapa Cumi – Cumi Menyemburkan Tinta di bawah ini.

Mengapa Cumi – Cumi Menyemburkan Tinta
Mengapa Cumi – Cumi Menyemburkan Tinta| Untuk menghilangkan jejak bila menghadapi pemangsa, cumi – cumi sering mengeluarkan cairan pekat dan gelap yang biasanya disebut tinta. Tinta itu menggumpal dalam air sehingga terbentuk awan hitam pekat yang cukup lama membingungkan si pengejar, dan cumi –cumi pun sempat berubah warna dan melarikan diri. Kabut tinta itu akhirnya menghilang.

Tinta cumi – cumi dihasilkan di dalam kelenjar khusus yang dihubungkan dengan rektumnya. Tinta itu terutama terdiri atas melanin, yaitu zat warna yang juga terdapat pada rambut dan kulit manusia serta banyak mamalia lainnya.

Tertutup oleh tinta cerah
Tertutup oleh tinta cerah| Segumpal kabut tinta hitam tidak dapat melindungi cumi – cumi yang hidup di wilayah pedalaman laut, sebab cumi – cumi ini hidup dalam kegelapan abadi. Sebagai gantinya, cumi – cumi yang tinggal di pedalaman laut menyemprotkan tinta terang yang bercahaya, dimana cahaya aneh itu ditimbulkan oleh bakteri. Tinta yang bercahaya itu dapat membingungkan pemangsa cukup lama sehingga cumi – cumi dapat melarikan diri.

Tinta jenis lain
Tinta jenis lain| Seperti cumi – cumi kerabatnya yang bertangan sepuluh itu, gurita bertangan delapan menyemburkan tinta apabila terancam. Gurita menggunakan cairan ini sebagai tabir, bukan sebagai tipuan; tinta itu begitu tebal sehingga gurita tidak tampak dan dapat pergi menjauh tanpa terlihat. Tinta gurita mungkin mempunyai manfaat pertahanan lain; diduga tinta itu mengandung unsur yang mematikan indra penglihatan dan pembau pada ikan pemangsa.

Demikianlah pembahasan artikel tentang Mengapa cumi – cumi menyemburkan tinta, semoga bermanfaat. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .
SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE 

Cumi-cumi menyemburkan tinta
Gambar tentang Mengapa cumi – cumi menyemburkan tinta

loading...
Mengapa cumi – cumi menyemburkan tinta? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown