Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday 22 August 2015

Bagaimana ikan buntal membela diri?

loading...

BAGAIMANA IKAN BUNTAL MEMBELA DIRI?
Hai! Bagaimana kabar kalian semua para pembaca setia Ahli Artikel? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat agar kalian bisa menambah wawasan kalian dengan membaca artikel yang berjudul Bagaimana Ikan Buntal Membela Diri ini. Nah, tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kalian baca artikel yang berjudul Bagaimana Ikan Buntal Membela Diri di bawah ini.

Bagaimana Ikan Buntal Membela Diri
Bagaimana Ikan Buntal Membela Diri|| Ikan buntal dapat menggembungkan tubuhnya. Taktik ini digunakan untuk menakut – nakuti lawan. Banyak jenis ikan buntal mempunyai benteng pertahanan kedua, yaitu bisa atau racun. Beberapa diantaranya melepaskan bisa atau racun  ke dalam air untuk menakut – nakuti pengejar, sementara yang lain menjadi berbisa hanya bila dimakan.

Anehnya, ikan buntal mungkin tidak membuat bisa atau racun sendiri. Menurut beberapa ahli, bisa atau racun itu dihasilkan oleh bakteri atau mikroorganisme lain dalam air dan di lumpur dasar samudra di pantai tropis tempat kebanyakan ikan buntal hidup. Dengan mengikuti rantai makanan, lewat cacing peliang, bintang laut, kerang, siput, dan binatang lain, bisa atau racun itu mengumpul di organ dalam ikan buntal. Di sini bisa atau racunnya dapat mencapai konsentrasi 150.000 kali lebih ampuh daripada curare, yaitu racun panah di Amerika Selatan.

Musuh yang mematikan
Musuh yang mematikan| Sejenis ikan buntal, yaitu ikan buntal kotak, juga menyimpan bisa atau racun di kulitnya. Kalau merasa ada bahaya, ikan buntal kotak mengeluarkan bisanya ke air di sekitarnya. Di samudra terbuka, bisa atau racun itu dapat mengusir musuh yang berada di dekatnya tanpa merugikan ikan buntal itu sendiri. Tetapi, kalau ikan buntal kotak ini dipelihara di dalam aquarium, bisa atau racunnya dapat membunuh ikan lain dan bahkan ikan buntal itu sendiri. Aneka jenis ikan sabun juga mengeluarkan semacam bisa atau racun dari kulitnya kalau terancam bahaya.

Demikianlah pembahasan artikel tentang Bagaimana ikan buntal membela diri. Semoga bisa bermanfaat. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .
SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE


salah satu jenis ikan buntal (ikan fugu)
Gambar tentang Bagaimana ikan buntal membela diri

loading...
Bagaimana ikan buntal membela diri? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown