Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday 22 August 2015

Pengertian ikan buntal

loading...

PENGERTIAN IKAN BUNTAL
Ahli Artikel hadir kembali di hadapan kalian para pembaca setia. Kali ini, akan dibagikan artikel yang akan memberikan penjelasan mengenai Pengertian Ikan Buntal. Untuk itu, langsung saja yuk, di baca artikel yang berjudul Pengertian Ikan Buntal di bawah ini.

Pengertian Ikan Buntal
Pengertian ikan buntal| Bagaikan landak di daratan yang menegakkan duri – durinya untuk membela diri, ikan buntal duren di laut juga menegakkan duri –durinya yang tajam untuk menakut – nakuti pemangsa. Kalau ada pemangsa yang mendekat, ikan buntal itu akan menggembukan kantong perutnya dengan air atau udara sehingga tubuhnya yang semula ramping menjadi balon berduri yang besarnya bisa menjadi tiga kali lipat ukuran semulanya. Karena menghadapi penampilan yang penuh duri dan tidak menggugah selera ini, kebanyakan pemangsa akan menjauhi ikan buntel yang sedang mengembangkan badannya ini.

Ikan buntal duren hidup di perairan tropis di seluruh dunia. Habitat kegemarannya adalah terumbu karang; di tempat ini ikan buntal duren terutama berburu di malam hari. Mulutnya yang mirip paruh itu digunakan untuk mengerkah cangkang keras moluska dan krustasea. Kalau mangsanya sulit dicari, ahli bela diri ini berbalik menyerang: dengan mengerutkan bibirnya, ikan buntel duren menyemburkan air ke dasar samudra berpasir, untuk menyingkapkan kerang atau kepiting yang berusaha bersembunyi di situ.

Menegakkan duri
Menegakkan duri| Untuk menegakkan durinya, ikan buntal duren menelan satu liter air kedalam kantong khusus di bawah perutnya. Sewaktu kantong mengembang, ikan itu mengembung dan duri-durinya menjadi tegak. Ikan buntal duren yang dikeluarkan dari air akan menggembungkan tubuhnya dengan udara.

Duri-duri tegak buntal duren menakutkan bagi kebanyakan pemangsa. Tetapi, bahkan dengan pertahanan ini, ikan buntal duren kadang-kadang dimangsa oleh ikan lain yang ukurannya jauh lebih besar, dan mungkin merupakan makanan yang sangat tidak enak.

Sampai sini dulu pembahasan artikel mengenai  Pengertian ikan buntal ini, semoga bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .

SUMBER ARTIKEL PENGERTIAN IKAN BUNTAL: 
- BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE


pengertian ikan buntal
Gambar tentang Pengertian ikan buntal

loading...
Pengertian ikan buntal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown