Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday 18 August 2015

Bagaimana ikan hiu berkembang biak?

loading...


Bagaimana ikan hiu berkembang biak| Beberapa jenis ikan hiu atau ikan cucut bersifat ovipar, yakni menghasilkan telur yang tumbuh dan menetas di luar tubuh induknya. Tetapi, kebanyakan ikan hiu melahirkan anak-anak hiu yang tumbuh dalam tubuh induknya dan dilahirkan setelah berbentuk sempurna.

Jenis ikan hiu yang melahirkan anak dapat tergolong ovovivipar, artinya telur yang sedang tumbuh itu menetas dalam tubuh induknya. Di tempat ini embrio dapat berkembang sempurna dengan makan dari kantong kuning telur besar yang merupakan bagian dari telur itu. Dapat juga jenis itu bersifat vivipar, yang artinya embrio yang tumbuh itu, meskipun pada awalnya bergantung pada cadangan kuning telur, kemudian menerima makanan langsung dari tubuh induknya melalui tali plasenta.

Mengeluarkan telur yang telah dibuahi
Mengeluarkan telur yang telah dibuahi| Di antara ikan hiu, hanya sedikit jenis yang berbiak dengan bertelur. Telur, yang telah dibuahi di dalam tubuh dikeluarkan dalam selongsong dan memerlukan waktu hingga satu tahun untuk tumbuh dewasa di selongsong itu. Pada jenis tertentu, termasuk beberapa ikan cucuk kucing dan cucut perawat, embrio mulai tumbuh dalam tubuh induknya; ketika mencapai ukuran tertentu, embrio itu dikeluarkan ke air dalam selongsong mirip bantal yang aman. Sulur-sulur ikal yang tumbuh di keempat ujung selongsong itu tersangkut ke rumput laut atau karang, sehingga selongsong itu tertambat sementara embrionya tumbuh.

Kanibalisme di antara saudara
Kanibalisme di antara saudara| Pada sejumlah jenis ovovivipar, misalnya ikan hiu harimau pasir, kantong kuning telurnya cepat habis pada masa awal pertumbuhan embrio. Embrio yang masih tumbuh itu kemudian hidup dengan memakan telur yang belum dibuahi serta embrio yang lebih kecil di dalam rahim itu. Selama itu perut embrio membesar karena berisi kuning telur. Meskipun kejam, pengaturan kanibalisme ini efektif: janin yang dapat hidup akan tumbuh sampai satu meter atau lebih sebelum lahir.

Sekian pembahasan artikel mengenai Bagaimana ikan hiu berkembang biak ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

kembang biak ikan hiu
Gambar tentang Bagaimana ikan hiu berkembang biak

loading...
Bagaimana ikan hiu berkembang biak? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown