Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday 18 August 2015

Dapatkah ikan bertelur di luar air?

loading...


Dapatkah ikan bertelur di luar air| Telur dan ikan kecil sulit terhindar dari pemangsa, meskipun induknya sudah berusaha sebaik-baiknya. Salah satu cara untuk mengamankan telur ialah meletakkannya di tempat yang tidak terjangkau oleh ikan lain. Ikan tetra pemercik Amerika Selatan telah menemukan tempat semacam itu, yakni, bagian bawah dedaunan yang bergantung beberapa sentimeter di atas air.

Setelah menemukan daun yang cocok untuk meletakkan telurnya, ikan tetra pemercik jantan maupun betina melompat ke udara. Sambil sejenak berpegangan pada daun, keduanya mengeluarkan gundukan lengket, yaitu telur-telur yang telah dibuahi. Pasangan itu kemudian mencebur kembali ke air. Pejantannya, tetap berada di wilayah dekat telur itu, sambil sekali-sekali memercikkan air dengan ekornya untuk menjaga agar telur itu tetap basah sampai menetas.

Proses bertelur di luar air ikan tetra pemercik
Proses bertelur di luar air ikan tetra pemercik- Ikan tetra pemercik jantan yang bertubuh lebih besar memilih daun dan berenang di bawahnya, sambil membujuk betinanya untuk mulai bertelur.
Dengan berenang berdekatan, kedua ikan melompat dari air dan menempel ke daun.

Dengan sirip saling mengunci untuk dapat bergandengan, ikan itu berpijah dan selesainya hanya beberapa saat.

Telur yang melekat pada daun di udara itu aman dari jangkauan pemangsa. Setelah menetas, anakan menjatuhkan diri ke air dan berenang pergi.

Beberapa ikan yang berpijah dengan cara khusus
Beberapa ikan yang berpijah dengan cara khusus| Meskipun ikan tetra pemercik merupakan satu-satunya ikan yang meninggalkan air untuk berpijah, beberapa jenis kerabatnya juga berusaha secara khusus untuk melindungi telurnya. Salah satu jenis, ikan pirulina. Ikan pirulina menempatkan telurnya di atas daun tumbuhan air yang hampir terbenam; kecil kemungkinannya bahwa telur ini akan ditemukan oleh pemangsa lapar. Jenis ikan lain, yakni ikan karasin bintik merah menempelkan telurnya di dasar sungai, dan si jantan mengawasi telur itu sampai menetas.

Sampai disini pembahasan artikel tentang Dapatkah ikan bertelur di luar air ini semoga bisa menambah pengetahuan para pembaca. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

ikan yang dapat bertelur di luar air
Gambar tentang Dapatkah ikan bertelur di luar air

loading...
Dapatkah ikan bertelur di luar air? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown