Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 20 August 2015

Bagaimana pertumbuhan moluska?

loading...

BAGAIMANA PERTUMBUHAN MOLUSKA?
Hai para pembaca semua, ketemu lagi dengan Ahli Artikel yang akan menambah wawasan kalian dengan menyajikan artikel-artikel yang sangat beragam. Kali ini, giliran artikel yang berjudul Bagaimana Pertumbuhan Moluska yang akan dibagikan. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai artikel kali ini, silahkan di baca selengkapnya pemaparan artikel yang berjudul Bagaimana Pertumbuhan Moluska di bawah ini.

Bagaimana Pertumbuhan Moluska
Bagaimana pertumbuhan moluska| Cara reproduksi moluska sangat beragam. Di antara 100.000 jenisnya terdapat kerang-kerangan yang enak dimakan seperti kerang, tiram, kijing, abalon, dan siput. Kebanyakan moluska bertelur, tetapi ada juga yang melepaskan larva atau mengerami dan mengasuh anak.

Abalon merah bercangkang tunggal melepaskan gumpalan sperma dan telur ke laut; pembuahan berlangsung ketika dua gamet bertemu. Beberapa remis yang melekat - termasuk tiram, juga mengandalkan taktik untung-untungan itu.

Proses pertumbuhan moluska
Proses pertumbuhan moluska- Telur abalon yang mengapung bebas tumbuh dengan cepat setelah dibuahi.
Telur tumbuh menjadi larva, yang berenang dengan silia seperti rambut.
Larva itu menetap di dasar samudra hingga dapat merangkak ke mana-mana.
Silianya semakin panjang, sehingga bergerak dan mencari makan menjadi lebih mudah.
Larva yang telah bermetamorfosis memperoleh bentuk binatang dewasa.
Moluska dewasa mengisap air dan mengeluarkan kotoran melalui lubang cangkang.

Induk siput lumpur
Induk siput lumpur| Siput lumpur raksasa Amerika Selatan hidup di kali dan sungai yang permukaan airnya relatif tetap sepanjang tahun. Di lingkungan yang tetap ini siput lumpur dengan aman mengeluarkan telur yang telah dibuahi dan membiarkannya menetas kemudian tumbuh di luar induk.

Akan tetapi, moluska air tawar lainnya tidak seberuntung itu. Siput lumpur Jepang, misalnya, telah menyesuaikan diri dengan keadaan air huniannya yang tiba-tiba mengering. Caranya ialah dengan melakukan pengeraman dalam tubuh: Telur-telur itu dibuahi, lalu menetas dan masak menjadi moluska bayi dalam tubuh induknya; anak yang lahir telah berbentuk sempurna.

Inilah akhir dari pembahasan artikel mengenai Bagaimana pertumbuhan moluska. Terima kasih, semoga bisa bermanfaat. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Pertumbuhan moluska
Gambar tentang Bagaimana pertumbuhan moluska

loading...
Bagaimana pertumbuhan moluska? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown