Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 20 August 2015

Bagaimana spons dan koral bereproduksi?

loading...


Bagaimana spons dan koral bereproduksi| Spon dan koral adalah binatang sederhana. Spons yang terdapat di perairan dangkal maupun dalam, terbentuk dari sel-sel istimewa. Tiap sel menjalankan fungsi kimia sendiri. Untuk berbiak, spons dapat melepaskan gemula, yaitu kelompok sel yang menjadi spons baru. Spons juga dapat bertunas, yakni tumbuhnya kuncup-kuncup kecil
.
Koral atau bunga karang di wilayah tropis dan subtropis terdiri atas dua bagian: Koloni polip seperti binatang, yang hidup, dan struktur rangka kalsium karbonat yang membungkus polip itu. Seperti spons, koral berbiak secara aseksual, yaitu dengan sekedar bertunas atau dengan pembelahan polip. Tetapi, kedua mahluk itu dapat pula berbiak secara seksual, dengan melepaskan telur dan sperma yang menghasilkan larva. Larva ini berenang bebas.

Daur kehidupan koral
Daur kehidupan koral
- Koloni koral atau bunga karang biasanya berbiak dengan bertunas. Namun, sejumlah koral dapat berbiak dengan kawin. Sperma yang dilepaskan dari rongga gastrovaskular masuk ke mulut sebuah polip dan membuahi sebutir telur. Telur itu tetap tinggal dalam polip sampai menjadi bercambuk, atau larva yang dapat berenang bebas. Larva itu ditembakkan kedalam air, dan dengan silianya berenang atau merangkak menjauh. Kalau menjumpai tempat yang cocok untuk hidup, larva itu menempel di situ. Dengan bertunas kemudian terbentuk polip baru, yang menapis air laut untuk mencari makanan. Koloni itu berkembang biak sampai daur itu mulai lagi.

Daur kehidupan spons
Daur kehidupan spons|
Tergantung pada lingkungannya, spons dapat bertunas, mengeluarkan gemula, atau melepaskan sperma untuk berbiak. Setelah sel sperma bergabung dengan telur, telur yang telah dibuahi itu dikeluarkan, dan berubah dari sel umum menjadi sel khusus. Spons tahap embrio ini kemudian mendarat dan sel-selnya mulai membangun rangka lentur atau berduri, menurut jenisnya. Kalau keadaan menguntungkan, spons akan tumbuh dan bertunas berulang kali.

Sekian pembahasan artikel mengenai Bagaimana spons dan koral bereproduksi ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat. . . .

SELAMAT BELAJAR. . . .
SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Reproduksi koral dan spons
Gambar tentang Bagaimana spons dan koral bereproduksi

loading...
Bagaimana spons dan koral bereproduksi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown