Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday 16 August 2015

Mengapa Ikan Gupi jantan berwarna cerah?

loading...


Mengapa Ikan Gupi jantan berwarna cerah| Berbeda dengan pasangan ikan betinanya yang berwarna cokelat muda menjemukan, ikan gupi jantan mempunyai warna-warni cerah dan mencolok. Pola warna ini sangat penting. Selama musim kawin, ikan betina memilih pejantan yang paling bagus warnanya untuk membuahi telurnya.

Namun, keelokan itu membawa celaka karena pejantan yang warnanya paling menarik akan memikat baik pasangan kawin maupun pemangsa. Oleh karena itu, ikan gupi jantan yang bertahan hidup (walaupun warnanya mudah terlihat musuh) kebanyakan adalah ikan pejantan yang tercepat dan terkuat. Dengan mengawini pejantan semacam itu, ikan gupi betina meningkatkan peluang menurunkan ciri istimewa itu ke generasi berikutnya.

Proses perkawinan ikan gupi
Proses perkawinan ikan gupi| Ketika menjumpai ikan betina, ikan gupi jantan berputar-putar di depan ikan betina tersebut, melakukan tarian kawin sambil memamerkan warnanya untuk memikat si ikan betina.
Kalau merasa tertarik, ikan betina berhenti dan mengambil posisi kawin. Ikan pejantan kemudian berenang di belakang dan bawahnya.

Sambil membalikkan badan, pejantan menyuntikkan sperma ke dalam lubang urogenitalia si betina.
Beberapa minggu setelah kawin, ikan betina menghasilkan beberapa puluh ikan gupi kecil. Dalam waktu beberapa bulan anakan itu akan menjadi dewasa dan siap kawin.

Ikan yang berkilauan
Ikan yang berkilauan- Di antara jenis ikan yang warnanya berbeda antara jantan dan betina, ikan pejantan biasanya lebih cerah dan siripnya mempunyai bentuk yang lebih tegas. Karena spermanya banyak, pejantan kerap kali kawin dengan banyak betina, tetapi ikan betina mungkin kawin dengan sedikit atau bahkan satu pejantan saja. Apalagi, pejantan yang warnanya cerah cenderung memikat-dan kawin-dengan lebih banyak ikan betina. Karena alasan ini, pejantan yang berwarna cerah memperanakkan lebih banyak keturunan daripada pejantan yang warnanya kurang cerah. Proses seleksi alam ini menghasilkan warna-warni tubuh yang semakin menarik dengan munculnya generasi berikut.

Menternakkan ikan gupi
Menternakkan ikan gupi- Ikan gupi terkenal sebagai ikan akuarium, dan telah diternakkan untuk menghasilkan berbagai warna. Peternak memilih pejantan berdasarkan pola dan warnanya, kemudian mengawinkannya dengan berbagai macam betina. Proses ini diulang dengan pejantan yang paling bagus warnanya dari beberapa generasi sehingga menghasilkan warna-warni pelangi.

Sampai disini pembahasan artikel mengenai Mengapa Ikan Gupi jantan berwarna cerah ini. Semoga bisa menambah ilmu teman-teman pembaca sekalian. . . . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

ikan gupi jantan berwarna cerah
Gambar tentang Mengapa Ikan Gupi jantan berwarna cerah

loading...
Mengapa Ikan Gupi jantan berwarna cerah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown