Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 27 October 2016

PENGERTIAN SEL PROKARIOTIK DAN BEBERAPA MACAM SEL PROKARIOTIK

loading...

PENGERTIAN SEL PROKARIOTIK DAN BEBERAPA MACAM SEL PROKARIOTIK
Hai, sobat pembaca setia Ahli Artikel, pada kesempatan kali ini, akan dibagikan suatu artikel yang akan menjelaskan tentang Pengertian Sel Prokariotik Dan Beberapa Macam Sel Prokariotik. Bagi kalian yang ingin menambah wawasan mengenai sel prokariotik, silahkan langsung saja yuk dibaca artikel yang berjudul Pengertian Sel Prokariotik Dan Beberapa Macam Sel Prokariotik di bawah ini.

Pengertian Sel Prokariotik Dan Beberapa Macam Sel Prokariotik
Pengertian Sel Prokariotik Dan Beberapa Macam Sel Prokariotik| Untuk mengetahui apa pengertian sel prokariotik itu, mari kita simak dulu asal kata “Prokariotik” itu sendiri. Kata atau istilah prokariotik, berasal dan dibentuk dari kata “pro” dan “karyon”. Kata “pro” bermakna “sebelum” dan kata “karyon” memiliki arti “inti”. Jadi, pengertian sel prokariotik berarti “sebelum inti”. Ini mengandung pengertian bahwa sel prokariotik bukannya tanpa inti, melainkan memiliki materi inti yang tersebar di dalam sitoplasmanya.

Beberapa Macam Contoh Sel Prokariotik
Yang termasuk ke dalam golongan sel-sel prokariotik adalah bakteri dan ganggang hijau-biru atau Cyanobacteria. 

Sel-sel ganggang hijau-biru umumnya lebih besar dari sel-sel bakteri. Di samping itu, sel-sel ganggang melakukan fotosintesis dengan klorofil a, yang tidak dijumpai pada sel-sel dalam bakteri. Sel-sel prokariotik dikelilingi oleh dinding sel, yang biasanya bukan berupa selulosa, dan oleh karenanya secara kimia berbeda dengan dinding sel tumbuhan tingkat tinggi. Tebalnya dinding sel berkisar antara 10-2- nm, dan kadang-kadang diselaputi oleh kapsul sejenis jelly yang relatif tebal atau berupa lendir dari bahan protein. Pada bagian dalam dinding sel terdapat membran plasma atau plasmalemma. Pada bagian tertentu, dari membran plasma ini terjadi suatu lekukan ke arah sitosol (infolding) membentuk suatu struktur yang disebut mesosom atau khondrioid, setara mitochondria pada sel-sel eukariotik.

Membran plasma sel-sel prokariotik juga membentuk lipatan-lipatan kearah sitosol, strukturnya seperti lembaran-lembaran halus, di sepanjang permukaan membran bagian dalam, disebut lamella sitomembran. Lamella sitomembran mengandung pigmen fotosintetik. Adanya pigmen fotosintetik ini, lamella sitomembran juga disebut membran fotosintetik. Pada bakteri fotosintetik lamella sitomembran ini disebut khromatofor. Pada bakteri ungu Rhodopseudomomas sp, membran fotosintetik tidak berbentuk seperti saluran-saluran halus, tetapi berbentuk bangunan seperti kantong-kantong (sacklike). Struktur sacklike terbentuk dari hasil invaginasi (pelekukan) membran plasma ke arah sitosol.

Pada bagian dalam dari membran plasma terdapat sitoplasma, ribosom dan nukleoid. Sitoplasma dapat mengandung vakuola, vesikel (vakuola kecil) dan menyimpan cadangan gula komplek atau bahan-bahan organik. Pada beberapa ganggang biru hijau tertentu, vakuola berisi gas nitrogen. Ribosom terdapat bebas di dalam sitoplasma dan tempat terjadinya sintesis protein. Dengan mikroskop elektron dapat ditunjukkan adanya daerah inti yang jernih yang dinamakan nukleoid. Di sini, terdapat kromosom yang dibentuk dari molekul DNA satu untai yang sirkuler. DNA ini panjangnya 1 mm, mengandung informasi genetik.

Sel priokariotik terkecil, yang hidup bebas adalah Mikroplasma atau sering disebut dengan PPLO (Pleuropneumonia Like Organism). Organisme ini dapat menimbulkan penyakit pada hewan atau manusia dan dapat dibiakkan seperti bakteri jenis lain. Ukuran diameternya berkisar antara 0,25 nm - 0,1 nm, atau sama besarnya dengan ukuran virus yang terbesar. Jika dilihat dengan mikroskop elektron, maka dari luar ke arah dalam tampak selaput plasma, komplemen genetik yang berupa benang spiral rangkap dari DNA sirkular dan sejumlah ribosom. PPLO ini menarik untuk dipelajari karena ukurannya 1000 kali lebih kecil dari rata-rata ukuran bakteri dan sejuta kali lebih kecil dari ukuran rata-rata sel eukariotik.

Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian Sel Prokariotik Dan Beberapa Macam Sel Prokariotik.
SELAMAT BELAJAR. . . . . . 

SUMBER ARTIKEL PENGERTIAN SEL PROKARIOTIK DAN BEBERAPA MACAM SEL PROKARIOTIK:
- BUKU BIOLOGI SEL - SUMADI - ADITYA MARIANTI - GRAHA ILMU - 2007

Pengertian Sel Prokariotik Dan Beberapa Macam Sel Prokariotik
Gambar tentang Pengertian Sel Prokariotik Dan Beberapa Macam Sel Prokariotik


loading...
PENGERTIAN SEL PROKARIOTIK DAN BEBERAPA MACAM SEL PROKARIOTIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown