Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 27 October 2016

PENGERTIAN SEL EUKARIOTIK DAN BEBERAPA PENJELASANNYA.

loading...

PENGERTIAN SEL EUKARIOTIK DAN BEBERAPA PENJELASANNYA.
Bagaimana kabar kalian sahabat pembaca setia Ahli Artikel? Semoga semuanya baik-baik saja agar bisa menambah wawasan dengan membaca artikel yang berjudul Pengertian Sel Eukariotik Dan Beberapa Penjelasannya. Nah, untuk itu, langsung saja guys, kita membaca artikel yang berjudul Pengertian Sel Eukariotik Dan Beberapa Penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Sel Eukariotik Dan Beberapa Penjelasannya
Pengertian Sel Eukariotik Dan Beberapa Penjelasannya| Untuk bisa mengetahui pengertian sel Eukariotik, sebelumnya mari kita lihat dulu asal kata dari “Eukariotik” itu sendiri. Kata “Eukariotik”, dibangun dari kata “Eu” dan “Karyon”. Kata “Eu” berarti benar atau sungguh, dan kata “karyon” memiliki arti “inti”. Jadi, pengertian sel eukariotik adalah sel-sel yang telah mempunyai inti sel, atau sel yang memiliki materi inti yang terorganisasi dalam suatu selaput, sehingga inti selnya terlihat dengan sangat jelas. 

Sel-sel eukariotik memiliki struktur yang lebih maju pada sel-sel prokariotik. Sel pada umumnya terlihat sebagai massa yang jernih dengan bentuk-bentuk yang tidak teratur, dibatasi oleh suatu selaput dan ditengah-tengahnya terdapat suatu bangunan yang lebih pucat dan berbentuknya bulat, dan disebut dengan nukleus atau inti sel. Jadi secara umum, sel itu dibina oleh membran sel atau selaput, plasma sel dan inti sel. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai selaput atau membran sel, inti sel dan plasma sel .

1. Membran Sel
Membran sel berupa selaput tipis yang juga biasa disebut dengan plasmalemma. Pengamatan dengan mikroskop cahaya tidak terlihat dengan jelas. Tebalnya kira-kira 100 A. Membran plasma dibentuk oleh fosfolipid, karbohidrat dan protein.

2. Plasma Sel
Plasma sel sering juga disebut dengan sitoplasma. Sebutan ini digunakan untuk memberikan nama dari cairan sel dan segala sesuatu yang terlarut didalamnya, untuk membedakannya dengan cairan yang berada di dalam inti sel  yaitu nukleoplasma. Sitoplasma berada di dalam sistem koloid kompleks, sebagian besar terdiri dari air yang di dalamnya terlarut molekul-molekul kecil maupun besar (makromolekul), ion-ion, dan bahan hidup atau organela. Organela-organela yang terdapat dalam sitoplasma antara lain adalah:
- Retikulum endoplasma
- Ribosom
- Mitokondria
- Badan Golgi
- Lisosom
- Sentrosom
- Vakuola
- Khloroplas

3. Inti Sel
Inti sel atau nukleus berbentuk bulat atau lonjong, dibatasi oleh membran rangkap. Ada variasi bentuk inti sel pada beberapa sel, misalnya pada sel darah putih, ada yang berbentuk lengkung, sedangkan pada sel darah merah tidak ada inti sel lagi. Jumlah inti sel umumnya hanya satu, tetapi ada beberapa jenis sel yang memiliki inti sel lebih dari satu.

Demikianlah artikel yang berjudul Pengertian Sel Eukariotik Dan Beberapa Penjelasannya. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan para pembaca semua.
SELAMAT BELAJAR. . . . 

SUMBER ARTIKEL PENGERTIAN SEL EUKARIOTIK DAN BEBERAPA PENJELASANNYA:
- BUKU BIOLOGI SEL - SUMADI - ADITYA MARIANTI - GRAHA ILMU - 2007

Pengertian Sel Eukariotik Dan Beberapa Penjelasannya
Gambar tentang Pengertian Sel Eukariotik Dan Beberapa Penjelasannya


loading...
PENGERTIAN SEL EUKARIOTIK DAN BEBERAPA PENJELASANNYA. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown