Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday, 12 November 2015

PELAKSANAAN SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN PUBLIK

loading...

PELAKSANAAN SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN PUBLIK
Kali ini, Ahli Artikel akan membagikan suatu artikel yang menjelaskan tentang Pelaksanaan Sebagai Salah Satu Fungsi Manajemen Publik, silahkan di simak penjelasannya di bawah ini

Pelaksanaan Sebagai Salah Satu Fungsi Manajemen Publik
Pelaksanaan kerja sudah pasti merupakan hal yang paling penting dalam fungsi manajemen karena merupakan suatu upaya dari berbagai jenis tindakan itu sendiri. Upaya ini bertujuan agar semua anggota kelompok mulai dari tingkat teratas sampai yang tingkat paling bawah, berusaha mencapai tujuan organisasi sesuai dengan apa yang telah direncanakan semula, dengan semaksimal mungkin, dan dengan cara yang baik dan benar.

Karena pelaksanaan kerja merupakan penggabungan dari berbagai macam fungsi manajemen lainnya dan memiliki hubungan yang erat satu sama lain, maka dapat diuraikan sebagai berikut:
1.    Dorongan pelaksanaan kerja, disebabkan oleh:
a.    Gaji
b.    Jaminan hari tua
c.    Berkumpul bersama teman
d.    Lawan jenis yang menarik
e.    Takut pada sanksi
f.    Pujian dan penghargaan
g.    Perwujudan diri
h.    Rasa aman
i.    Kepuasan bathin

2.    Pengarahan supaya terlaksananya kerja yang baik melalui cara-cara seperti berikut:
a.    Main paksa
b.    Bujuk rayuan
c.    Memberikan motivasi kesadaran
d.    Membuat perjanjian kerja
e.    Pertandingan antar kelompok atau perorangan
f.    Hipnotis
g.    Menggunakan charisma penampilan
h.    Adakan konsultasi
i.    Janjikan ganjaran yang memungkinkan
j.    Sampaikan sanksi yang tegas

3.    Pemberian pesan komunikasi yang baik dalam perintah pelaksanaan pekerjaan, yaitu:
a.    Lisan, berupa:
-    Rapat
-    Telepon
-    Pengumuman missal
b.    Tulisan, berupa:
-    Surat Penugasan
-    Disposisi
-    Pers

Cara yang terbaik untuk memaksimalkan hasilnya, dapat dilakukan dengan menggunakan komunikasi dua arah melalui Tanya jawab. Namun, apabila waktu mendesak dapat dimaksimalkan melalui briefing.

4.    Dalam pelaksanaan kerja yang baik dan benar diperlukan kepemimpinan yang mampu memenuhi kriteria-kriteria  di bawah ini:
a.    Membimbing bawahan
b.    Membangkitkan bawahan agar dapat maju
c.    Membangkitkan semangat bawahan
d.    Menerangi pikiran bawahan dengan pengetahuan
e.    Menyenangkan hati bawahan sesuai dengan aturan
f.    Memberikan pedoman kerja yang baik
g.    Menegakkan peraturan
h.    Memberikan sanksi apabila salah
i.    Memberikan penghargaan apabila bawahan berprestasi
j.    Mengisi waktu kosong dengan hal yang bermanfaat
k.    Memberikan contoh yang baik
l.    Memberikan solusi dan masukan dalam setiap masalah
m.    Mendidik bawahan karena dirinya memang mampu

5.    Dalam pelaksanaan pekerjaan, harus diseimbangkan antara lain:
a.    Antara pelayanan dan kekuasaan
b.    Antara kebijakan dan disiplin
c.    Antara informal dan formal
d.    Antara estetika dan logika
e.    Antara irrasional dan rasional
f.    Antara impresional dan personal
g.    Antara kemanusiaan dan hukum
h.    Antara desentralisasi dan sentralisasi
i.    Antara demokrasi dan persatuan
j.    Antara kasih dan aturan
k.    Antara politik dan ekonomi
l.    Antara efisiensi dan efektivitas
m.    Antara liberalism dan otoritasisme

6.    Dalam pelaksanaan hubungan kerja, hendaknya dibagi antara lain:
a.    Penerangan dan pemberitaan
b.    Pembuklikasian dan pendokumentasian
c.    Penyaringan informasi dan komunikasi

7.    Pengembangan tanggung jawab, dapat digolongkan dari tingkat terendah ke tingkat yang tertinggi antara lain:
a.    Masing-masing pribadi
b.    Masing-masing sub bagian
c.    Masing-masing unit kerja
d.    Masing-masing biro
e.    Masing-masing departemen
f.    Masing-masing lembaga

8.    Pemantapan pengambilan keputusan kerja, seperti:
a.    Tahap identifikasi persoalan
b.    Tahap penetapan tujuan kerja
c.    Tahap solusi masalah
d.    Tahap pemilihan alternatif

Dalam hal pelaksanaan Prof. Terry memberikan pendapatnya bahwa, pelaksanaan kerja adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berkenan berusaha untuk mencapai tujuan agar sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi.


Demikianlah penjelasan artikel mengenai Pelaksanaan Sebagai Salah Satu Fungsi Manajemen Publik. Semoga bisa memberikan manfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . .

Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung-Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999)

Gambar tentang Pelaksanaan Sebagai Salah Satu Fungsi Manajemen Publik

loading...
PELAKSANAAN SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI MANAJEMEN PUBLIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown